Kamis, 25 Oktober 2012

Tiga Kabupaten di Jatim Terdampak Erupsi Gunung Raung






 
Metrotvnews.com: Banyuwangi: Tiga kabupaten di Jawa Timur akan terdampak erupsi Gunung Raung jika gunung berapi di Kabupaten Bondowoso, itu meletus. Di tiga kabupaten itu sedikitnya delapan kecamatan akan terkena paling parah dari erupsi Gunung Raung.

Tiga kabupaten yang harus waspada dampak erupsi Gunung Raung, yakni Kabupaten Bondowoso, Jember, dan Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan peta dampak letusan di Pos Pantau Gunung Raung, Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang paling banyak memilik dampak wilayah yang terkena erupsi Gunung Raung jika meletus.


Menurut Balok Suryadi, Kepala Pos Pantau Gunung Raung, Kamis (25/10), ada lima kecamatan di Banyuwangi yang terkena dampak dari erupsi, yaitu Kecamatan Genteng, Sempu, Songgon, Glenmore, dan Kecamatan Kalibaru. Sementara untuk di kabupaten Bondowoso ada dua kecamatan yang akan terdampak erupsi Gunung Raung, yakni Kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Sukosari. Sedang untuk Jember hanya satu kecamatan yaitu Kecamatan Sumber Jambe.


Balok menambahkan bahaya yang ditimbulkan jika terjadi erupsi Gunung Raung adalah awan panas, pijar lava, banjir lahar, hujan abu, dan lontaran batu. Menurut Balok, aktivitas kegempaan Gunung Raung terus meningkat. Warga sekitar gunung diminta tetap waspada dan berhati-hati, dan pihak PVMBG melarang kegiatan warga tiga kilometer dari puncak gunung, dan tertutup untuk pendakian.(Andi Himawan/DSY)

0 komentar:

Posting Komentar