Kamis, 08 November 2012

Status Gunung Raung Siaga

 
indosiar - (Rabu, 07.11.2012) Aktivitas vulkanik gunung Raung, dalam dua hari terakhir terus menunjukkan penurunan, namun demikian status gunung yang berada di wilayah tiga kabupaten, di Jawa Timur ini masih dalam level tiga, atau siaga. Ribuan warga yang tinggal di lereng gunung pun dihimbau tetap waspada, dan tidak melanggar batas aman radius 3 kilometer dari pusat kawah. Dari hasil pantauan udara, sesekali terlihat asap dari pusat kawah.

Inilah kondisi gunung Raung yang terpantau dari udara. Secara visual, gunung yang berada di tiga wilayah kabupaten, yakni Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi ini tampak tenang. Kendati asap putih tebal sempat muncul, namun tinggi luncurnya tidak lebih dari 300 meter.

Kepala BNPB, Syamsul Ma’arif, yang meninjau sejumlah wilayah terdampak bahaya erupsi Raung, hari Selasa, menegaskan, jika aktivitas vulkanik gunung ini juga menujukkan penurunan sejak 2 hari terakhir.

Namun demikian status gunung api setinggi 3.332 meter ini masih belum turun dari level tiga, atau siaga. Ribuan warga yang tinggal di lereng gunung ini juga diminta tetap waspada, dan tidak melanggar batas aman yakni radius 3 kilometer dari puncak kawah.

Gunung Raung sendiri mulai menunjukkan peningkatan aktivitas sejak tanggal 18 Oktober lalu, dan statusnya langsung naik dari normal ke waspada. Namun 4 hari kemudian, status Raung kembali meningkat menjadi siaga.

Di Kabupaten Jember, setidaknya ada 3 desa yang rawan terdampak erupsi Raung, yakni Desa Rowosari, Desa Gunung Malang, dan Desa Jambe Arum, dengan total jumlah warga hampir 20 ribu orang. (Tomy Iskandar/Sup)

0 komentar:

Posting Komentar