Selasa, 06 November 2012

83 Ribu Jiwa di Banyuwangi Rawan Terkena Erupsi Gunung Raung

Detik - Dari tiga Kabupaten yang rawan terdampak letusan Gunung Raung. Kabupaten Banyuwangi yang lebih menjadi perhatian pihak terkait. Ada sekitar 83 ribu penduduk yang hidup di wilayah rawan bencana erupsi.

"Ada 83 ribu jiwa lebih di Banyuwangi yang rawan terkena bencana Gunung Raung," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada wartawan termasuk detiksurabaya.com saat di Pos Pemantau Gunung Api Raung di Banyuwangi, Selasa (6/11/2012).

Dia menjelaskan, 83 ribu lebih jiwa itu tinggal di ring satu dan dua. Wilayah itu meliputi Kecamatan Kalibaru, Glenmor, Songgon, Sempu, Singojuruh dan Genteng. Ring satu berjumlah 42.908 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk ring dua sebesar 65.540 jiwa.

"Jumlah penduduk di ring satu dan dua mencapai 83 ribu jiwa lebih," kata Bupati Anas, ditemui sejumlah wartawan disela mendampingi Kepala BNPB Syamsul Maarif di Pos Pengamatan Gunung Api Raung.

Pemkab Banyuwangi juga telah menentukan 22 titik tempat pengungsian yang ada di wilayah ring satu dan dua. Titik pengungsian rata-rata adalah lapangan yang ada di Kecamatan rawan terdampak erupsi.

Namun BNPB menyarankan tempat pengungsian sebaiknya bukan lapangan terbuka. Karena tempat pengungsian yang layak setidaknya pengungsi tidak kepanasan di waktu siang. Dan tidak kedinginan di waktu malam.

"Tadi sudah saya sarankan untuk mencari lokasi lain," kata Kepala BNPB, Syamsul Maarif, ditemui wartawan terpisah.

Terima Bantuan dari BNPB

Selain meninjau lokasi yang rawan terdampak bencana erupsi Gunung Raung. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan. Bantuan salah satunya diberikan kepada Pemkab Banyuwangi.

Kepala BNPB Syamsul Maarif menjelaskan, bantuan itu berupa selimut, makanan siap saji, masker dan lainnya. Penyaluran bantuan dilakukan secara simbolis di Kantor Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Barang bantuan akan diberikan kepada warga yang tinggal di kawasan rawan bencana erupsi. Bilapun status gunung setinggi 3.332 mdpl kembali normal bantuan tetap akan disalurkan.

Dijelaskannya juga, pihaknya juga akan mendorong bantuan logistik lainnya. Karena dari laporan Bupati dan BPBD, ada sejumlah logistik yang memang tidak bisa dipenuhi pemerintah daerah.

"BNPB akan melakukan pendorongan logistik ke daerah terdampak melalui Pemerintah Propinsi Jawa Timur," kata Syamsul saat meninjau Pos Pantau Gunung Api Raung di Banyuwangi.

Selain Kabupaten Banyuwangi, bantuan juga diberikan ke dua kabupaten yang rawan terdampak letusan Gunung Raung. Yakni kabupaten Jember dan Bondowoso.

0 komentar:

Posting Komentar